Senin, 28 Mei 2018

Seiko Monster Gen 1

Alhamdulillah, akhirnya didapatkan seiko monster SKX 781 Orange yang disematkan kedalamnya  mesin 7s26 dengan diameter 42mm. Setelah memegang mengamati sendiri finishing, detail dari seiko monster ini memang benar dengan berita yang banyak beredar sebelumnya bahwa seiko monster ini termasuk seri yang terbaik dengan harga pada saat kemunculannya "terlalu" murah bagi para penyuka jam diver .  Kualitas finishingnya tergolong yahud, design ok, berat jam juga cukup mantab ketika dikenakan. Wajar harganya saat ini terus merangkak naik terlebih untuk gen 1 yang sudah diskontinue (untuk mengetahui perbedaan gen 1,2,3 silahkan buka postingan sebelum ini).

Setelah mengetahui seri monster sukses besar maka pabrikan seiko terus mengeluarkan seri monster dan tetap diproduksi hingga sekarang, bahkan label prospex - profesional spex  disematkan di dial seiko monster gen 3. 

Ok, meskipun didapatkan dalam kondisi second, kita coba unboxing seiko monster gen 1 ini :)
Kotak jam cukup mewah terbuat dari kayu dan di bungkus box karton, nuansa berwarna hitam. Box dengan ciri seperti ini adalah box untuk jam seiko diatas harga 2 jutaan
Kita buka kotak jamnya terdapat buku panduan dan buku servis center serta kartu garansi, dari kartu garansi terlihat pembelian desember 2011, Jam dengan dial orange sangatlah kontras dan eyes catching mudah sekali orang melirik warna dial ini, dipilihnya warna orange karena warna ini termasuk salah satu warna most wanted para penggemar jam, sangatlah menarik warna dial orange dipasangkan di jam diver dan digunakan untuk menyelam akan terlihat seperti jeruk sedang menyelam hehehe......
 Bracelet stainless steel ori bawaan dari seiko monster gen 1
 Data di back case, produksi tahun 2009
Tampak depan, cukup menawan, tegas, keras dan berkarakter, design jam tergolong bagus dengan finsihing doff dan shiny dibeberapa spot sehingga menjadikan jam ini tampak mewah berkilau
Untuk knop crown gen 1 bermotif ruas-ruas dengan cekukan lumayan dalam sehingga tampak bergerigi sedangkan gen 2 berbentuk garis-garis silang agak kasar agar tidak licin. untuk bezel hanya dapat berputar searan dan ada guard mirip seiko tuna tetapi hanya sebagian yaitu di area atas dan bawah.
Detil indek lume tampak jelas berbentuk kotak tanpa garis tepi, beda dengan gen 2 untuk indek lumenya telah diberi garis tepi sehingga terlihat rapi tetapi menjadi lebih berkesan sempit/kecil.

Ok, kita coba sekarang memodifikasi dengan mengganti strap bracelet orinya dengan rubber strap dari Obris Morgan dan inilah hasilnya :

Wuuuiiiiikkk langsung naik peringkat menjadi sangat keren dengan menggati rubber strap sewarna dial, sehingga memberi kesan satu kesatuan utuh, orange on orange!
Penggantian ini sangat mudah plug in dengan lugs 20mm, tampak jauh lebih menarik  dan terlihat sangat segar..hingga ikan nemo pun mendekat dikiro jeruk? 
Sesuai info dari berbagai forum menyatakan bahwa lume seiko monster sangatlah terang dan ternyata memang terbukti benar  bahwa seri monster mempunyai kedahsyatan lume terang benderang berpedar, meskipun hanya sebentar terkena sinar.
 All about orange , memang sangat pantas disematkan nama sebagai monster diver :)
Meskipun diganti rubber strap, tetap memberi kesan gagah dikarenakan dasar design casingnya sendiri sudah mencerminkan karakter manly
Duo orange yang keberadaannya makin hari semakin banyak dicari, citizen chrono bullhead octagonal dan seiko monster gen1
Mari, kita bandingkan lume dari beberpa jam diver seiko, ki-ka : monster, tuna, turtle 62 mas (AM), Kinetik Diver
Beginilah hasilnya setelah diberi sinar, ki-ka : monster, tuna, turtle 62 mas (AM), seiko kinetik Diver, ternyata untuk lume yang bagus dan lama adalah yang awalannya apabila terkena sinar terang lume tersebut berwarna hijau muda cerah seperti no 1 dan 2 dari kiri dan  kemudian akan berangsur-angsur menjadi terang kehijauan.
Kiri Lume Monster kanan,  Lume Tuna untuk terang dan lamanya berpendar kualitasnya  hampir sama, akan tetapi karena design luasan indek lume monster berbentuk kotak terlihat lebih lebardan besar sehingga berkesan lebih terang dibanding dengan Lume Tuna yang berbentuk indeks bulat / dot.
Seiko gen 1 Orange memang sudah diskontinue tetapi sampai saat ini tetap diperbincangkan di berbagai forum penggemar jam, kesimpulannya sesuai dengan yang diberitakan...memang keren!!
Picture yang sangat serasi ikan nemo, seiko monster orange dan obris morgan orange 
Thx all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar