Rabu, 13 Januari 2016

Pengalaman Garmin Forerunner 610

Pada saat pertama kali melihat dan memegang jam ini terkesan canggih, mengapa? karena teknologi touchscreen, plus dibenamkannya GPS pada sebuah jam, meskipun jauh sebelumnya produk casio telah mengeluarkan protrek GPS yang sekarang sudah discontinue.

Dipilihnya jam ini dikarenakan fitur GPS nya yang dapat terhubung dengan satelit secara langsung! lagi-lagi dengan alasan untuk menunjang pekerjaan, diakuisisilah jam tersebut :)
Ada tombol on-off untuk menyalakan jam tersebut karena jam ini menggunakan bateray yang harus di charge seperti layaknya hand phone. Begitu dinyalakan "lempar" ke halaman atau agar dapat langsung searching terhubung dengan sinyal satelit, tunggu sebentar langsung akurasi jam satelit muncul di display jam tersebut, canggih?





jam ini sebenarnya untuk penggemar sport/olahraga baik lari maupun bersepeda, kurang cocok untuk para petualang outdoor dikarenakan bahan jam ini terbuat dari resin yang sangat mudah tergores ataupun "cuil" karena pada saat itu belum muncul garmin seri fenix yang ditujukan untuk penggemar outdoor aktivity.

pada akhirnya jam ini sempat menemani beberapa kali ke lapangan untuk mencari koordinat lokasi, meskipun pada saat itu sudah ada aplikasi di handphone untuk GPS akan tetapi untuk GPS di handphone akan aktif tergantung dari sinyal operator. Sedangkan jam ini langsung terhubung dengan satelit, sama dengan GPS kebanyakan.

Ada pula fitur untuk kecepatan, ada optional alat yang dapat dipasangkan di sepeda jadi bisa sebagai spidometer. Dan apabila sudah terkoneksi dengan alat tersebut, jam dapat menunjukkan kecepatan baik itu lari ataupun menggunakan kendaraan. Sering saya gunakan ketika naik kereta api pengen tau kecepatannya berapa? cukup dengan liat jam garmin semua terjawab, bahkan pernah untuk mengukur kecepatan pesawat pada saat take off dan pada saat terbang konstan di udara semuanya hanya melihat data di jam garmin ini hehehe, sudah pernah tau berapa kecepatan pesawat ketika akan take off? :) 

Sebenarnya jam ini cukup canggih akan tetapi tetap ada "kemalasannya" yaitu harus di charge! jadi agak merepotkan apabila untuk sehari-hari , memang untuk conect satelit dibutuhkan power yang besar dan saat ini teknologi jam GPS masih memerlukan charging sebagai powernya.

Kekurangan yang sangat mencolok untuk seri ini adalah strapnya yang retan putus, getas, sudah banyak kasus strap garmin forerunner 610 putus dan hanya bisa digantikan oleh strap garmin seri 610 itu juga, kecuali kalau punya adaptor strap dapat menggunakan strap lain meskipun ketika dipasang terasa masih belum terlihat ok

untuk sekarang ini telah muncul type garmin fenix dan sudah banyak serinya yang pasti lebih kokoh karena memang ditujukan untuk outdoor aktivity beda dibanding forerunner 610 yang full resin ditujukan untuk aktivitas sport, malahan sekarang sudah ada type garmin untuk aviasi yang sangat-sangat canggih fiturnya sampai bisa mendeteksi bandara terdekat! Yaitu Garmin D2 Bravo



Garmin D2 Bravo GPS PILOT WATCH, Jam garmin tercanggih saat ini


Spesifikasi D2 Bravo

tapi balik lagi semua produk jam canggih saat ini yang full fitur high technology  masih memerlukan pasokan power bateray dengan durasi yang terbatas untuk powernya 3-5 jam full on dan harus rutin 
di charge.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar