Memang setiap individu mempunyai postur yang berbeda satu dengan lainnya ditambah lagi flexibiltas dan kelenturan tiap individu berbeda-beda
Untuk masing masing person postur tubuh sudah pasti beda, ditambah ukuran frame mulai dari berjenis angka atau huruf masing-masing sepeda pun berbeda, plus berbeda pula perhitungan ukuran frame masing-masing merk sepeda maka makin complicatedlaah gundah gulana ini.
chart size yang diterbitkan oleh masih-masing merk sepeda merupakan hanya acuan dasar bagi para pemilih / pengguna sepeda, yang biasanya digunakan sebagai patokan dalam size chart tersebut adalah tinggi badan. Jadi rentang tinggi badan sekian menggunakan ukuran sekian. Sekedar info secara umum bahwa :
- Merk Sepeda dari Asia Tenggara ( Indonesia, Taiwan ) biasanya menggunakan size Huruf (xs, s, m, l, xl, xxl)
- Merk Sepeda dari Amerika biasanya menggunakan Angka ( 50,51,52,54,56,58,60)
- Merk Sepeda dari eropa biasanya menggunakan Angka yang lebih kecil ( 46, 48,51,53,55)
Ukuran Size sepeda dari Amerika dan Eropa semisal Amerika 52 itu kurang lebih seukuran dengan 48 Eropa
sebagai contoh :
Rentang ukuran Amerika 52 adalah tinggi 163-170cm (selisih 7 cm)
Rentang ukuran Eropa 48 adalah tinggi 168-173 cm (selisih 5 cm)
Rentang ukuran Asia S adalah tinggi 160-170 cm (selisih 10 cm)
kalau dilihat dari rentang tanpa mencari merk sepeda , carilah yang mempunyai rentang selisih terkecil dengan tinggi anda karena itu adalah ukuran yang lebih ideal untuk anda, semakin jauh dari rentang ukuran anda maka akan semakin tidak nyaman baik itu terlalu besar atau terlalu kecil
oke sekarang perihal down size
banyak sekali dan mungkin lebih dari separo dunia :) menyarankan agar ketika memilih RB sebaiknya down grade 1 - 2 nomor, asumsi ini diperkuat oleh para pembalap-pembalap TOP menggunakan size sepeda yang lebih kecil, nah koq bisa?
1. karena dengan down size otomatis reduce berat sepeda, semakin kecil nomer size sepeda maka semakin ringan maka secara logika akan semakin cepat
2. karena dengan down size maka sepeda akan tampil lebih agresif looknya lebih ke arah profesional karena stem bisa mentok kebawah dan panjang stem bisa ditambah dengan seatpost tinggi
3. Dari posisi seperti no 2, maka goweser akan lebih merunduk dan tentu aerodinamis makin terlihat nyata otomatis kecepatan bisa lebih tinggi
4. power yang digunakan pada sepeda down size bisa lebih maximal
5. pembalap-pembalap TOP latihannya tiap hari dan bertahun-tahun maka dengan sepeda down size menjadi sudah terbiasa
sepertinya sepeda down size terlihat sangat oke semua ya , tapi dari sepeda down size ada 1 yang terhilang yaitu kenyamanan / comfort yang dikorbankan
Jadi tergantung anda sendiri menyukai gas-gas an atau menyukai long ride? karena apabila sesuai dengan ukuran size yang ditentukan maka apabila sepeda itu digunakan untuk long ride akan terasa sangat nyaman karena tubuh tidak terlalu "dipaksa" untuk menyesuaikan size frame tapi frame sepeda sudah sesuai dengan ukuran postur tubuh
naaah pasti dsini juga galau lagi kan? disisi lain pengen gas-gas an disisi lain juga pengen bisa long ride jadi gimana?
kembali lagi cari frame yang selisihnya paling sedikit dengan tinggi tubuh anda dan satu lagi tinggi inseam anda! ini hal penting tapi jarang untuk patokan secara umum, hanya biasanya tinggi badan yang dipakai . Seharusnya secara umum adalah tinggi badan dan tinggi inseam itu kunci dasar utamanya. Karena banyak ditemukan tinggi badan relatif tinggi tetapi inseam nya pendek ataupun sebaliknya, setelah itu baru ukuran - ukuran yang lebih detail lainnya sebagai pelengkap (sesuai standart bike fitting)
Akhir kata dari dasar semua info dan perhitungan2 fitting tadi landasan utamanya adalah FRAME HARUS DICOBA, mau sesuai size atau mau downsize tidak bisa hanya berdasarkan teori tetapi harus dicoba dipraktekan karena yang akan merasa nyaman bersepeda adalah diri anda sendiri!!
Itulah problematiknya pingin nyoba frame dengan size tertentu, akan tetapi gk ada sepeda nya yang bisa dipinjam untuk dicoba....yaah begitulah cari sepeda di kehidupan ini, manis bagai sirup, pahit bagi kopi dan terkadang memabukkan bagaikan beer :p
- :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar